Wakaf Motor Trail, Dakwah jadi Lebih Mudah

Bila bukan karena ingin mendapatkan ridha Allah SWT, berat rasanya bagi Ustadz Abdul Wahid berdakwah dan membina warga suku Tengger di Pegunungan Semeru-Bromo Jawa Timur.

Gus-Wahid-Motor-Dakwah

Pasalnya, dari satu kampung ke kampung lain jaraknya saling berjauhan. Satu-satunya penghubung adalah jalan tanah terjal berliuk naik dan turun. Namun bagi dai yang akrab disapa Gus Wahid ini, tidak ada kata menyerah.

Lelaki asli Lumajang kelahiran 10 April 1983 tersebut suatu hari berangkat dari rumahnya di Desa Jatirasi Kecamatan Semper, Kabupaten Lumajang Selatan ke arah barat menuju lokasi di dataran tinggi Semeru, lereng Lumajang di Dusun Pusung Duwur, Desa Argosari Kecamatan Senduro yang jaraknya 45 Km.

Di hari lain, motor sarjana Pendidikan Agama Islam Institut Muhammadiyah Lumajang lulusan 2009 digas ke utara menuju Dusun Sumber Agung Desa Pakel Selatan Kecamatan Gucialit yang jaraknya 35 Km.

Berbekal ilmu agama yang didapat saat nyantri selama delapan tahun di Pondok Pesantren Tafhidzul Qur’an Mambaul Hikam Lumajang Pimpinan KH Abdul Mujib (alm), ia menyampaikan hidayah kepada warga Pusung Duwur sejak 2010. Hasilnya? 20 warga yang semula animis dan Hindu masuk Islam. Di bantu temannya yang satu pondok di pesantren yakni Ustadz Fattah dan Ustadz Yunus. Kini Gus Wahid dan teman-temannya membina 65 warga.

Sedangkan dakwahnya ke Gucialit dimulai sejak 2012. Hasilnya pun cukup menggembirakan. Delapan warga yang semula animis bersedia masuk Islam. Ia dan rekannya yang lain yaitu Ustadz Eko Setyawan, yang juga teman satu pesantren, kini membina secara intensif 120 warga Muslim.

Agar dakwahnya semakin terkoordinasi dengan rapi, Gus Wahid dan rekan-rekannya yang lulusan Mambaul Hikam membentuk lembaga yaitu Lembaga Pendidikan dan Sosial-Gerakan Da’i Peduli Mualaf dan Dhuafa (LPS Garda Muda) pada 22 Nopember 2012.

Alhamdulillah, pada akhir Juni 2013 lalu Gus Wahid mendapatkan bantuan satu unit sepeda motor trail merk Kawasaki D Tracker 250. “Motor trail ini merupakan wakaf yang disalurkan BWA, berarti motor ini sudah kami gunakan sekitar 2,5 bulan untuk berdakwah,” ungkapnya, Jum’at (27/9).

Sebagai Ketua, ia mengatakan, aktivitasnya berdakwah bersama anggota LPS Garda Muda menjadi lebih mudah setelah menggunakan motor trail wakaf. Pria dengan satu istri dan satu anak ini pun membandingkannya dengan motor bebek tua miliknya yang sebelumnya dia gunakan dari rumahnya menuju Gucialit. “Dengan motor bebek bisa memakan waktu 1,5 jam. Kalau motor trail cuma satu jam, uenak bisa ngewes…” bebernya.

Motor tersebut merupakan salah satu dari tiga motor trail wakaf yang BWA rencanakan untuk membantu lembaga yang beranggotakan enam orang da’i tersebut. “Insya Allah, di bulan Nopember 2013 dapat satu lagi, sisanya masih dalam proses karena BWA sedang menggalang dana wakaf dari kaum Muslim,” ungkap Gus Wahid.

Ia pun berencana kalau yang dua unit sudah didapat, satu digunakan untuk dakwah di pelosok Senduro dan satu unit lagi untuk mendukung dakwah di pelosok Gucialit

 

sumber (eramuslim)

 

Aman Berkendara Sepeda Motor Bagi Muslimah

Salim:

ma sya Allah…manteb deh artikel ini buat pengisi kolom jumat kita bro n sist :-)

Originally posted on Ini Blognya Eika Vio:

Akhwat naik motor

Seiring berjalannya waktu, pemakai sepeda motor rupanya tak hanya dicap untuk kaum lelaki saja. Namun, kaum wanita pun kini acap kali memilih menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasinya. Tak hanya karena alasan kepraktisan, mengefisienkan waktu perjalanan, hingga mampu lebih hemat soal ongkos. Rupanya, ada juga kelompok muslimah yang mengendarai motor sebagai gaya hidup. Ya, benar! Mengendarai sepeda motor memang banyak manfaatnya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat mengendarai sepeda motor, khusunya bagi kaum muslimah. Jika Anda pengendara sepeda motor, ada baiknya Anda simak tips berikut ini:

View original 584 more words

YAMAHA R25, 10 HARI LAGI MUNCUL BRO

Assalamualauikum wr wb

 

Apa kabar sobat SV blog  semua, Gimana kabar iman? semoga makin baik aja ya :-)

saat ini Demam motorsport yamaha emang lagi puncak-puncak ubun-ubun ya :-)

Iseng-iseng SV blog mencoba berkunjung ke http://iwantyamahar25.com/

ketemu info menarik nih …

yamaha R25

 

Rupanya, Yamaha Indonesia sedang mempersiapkan “Bayi” motor sportnya, yang disinyalir akan menjadi lawan berat Ninja 250 Fi, ya siapa lagi kalo bukan sang twin silinder Yamaha R25 

 

Untitled

 

Ngga tanggung, tanggung, Yamaha akan memberikan bonus Helm AGV VR 46 punya Valentino Rossi…kira2 gimna bentuknya ya?

V1jXXiG

 

Bayangkan bro, betapa bangganya akan jadi pemilik Eksklusif  pertama YAMAHA R25 di dunia hehehe..

owner

 

 

Ngga tau nih bro, berapa YIMM bakalan ngebandrol satu unitnya, yang jelas diatas Yamaha R15 yang 28 jeti lah…

Siapkan dompetmu : mrgreen:

 

wpid-r25-aripitstop

Foto courtesy : Aripitstop

 

 

Wow, Toyota Prius bermesin Harley Davidson!

Assalamualaikum wr wb Apa kabar sobat SV Blog semua, semoga baik2 ya :-) Sudah lama tidak menulis, kali ini ane akan mengetengahkan yang unik dari kreator barang bekas, ya Motuba lama Toyota Prius 2008, dipasang mesin Harley Davidson tahun 1986…gimana penampakannya ya :-)   57-1 Asli Gokil bro! Gimana ngga? Enak saja kap depan dipotong Biar mesin HD sporst 883 bisa dicangkok ke ruang mesin. Mesin lama hasil penelitian yang menghabiskan jutaan dollar diganti begitu saja bermodalkan kunci obeng 10 mm dan mesin Las :-) 57-2-1   bentuknya jadi jelek ya? :mrgreen: Gini2 sudah ikut LeMans 24 jam lho…he..   Murille martin, chef yang meramu Prius HD ini berkilah :

“2 Cylinder air-cooled engine with rock-and-stick technology that replaces the overly-complicated crap that Toyota spent bazillions of dollars and dozens of years designing and I spent a couple hours with a 10mm wrench and some wire cutters undoing.”

57-3-1   ini videonya :-)   http://www.youtube.com/watch?v=tn471lUTMs4   sumber di sini

Cara Hidup di Tokyo Tanpa Beasiswa (bukan tanpa uang loh ya)

Salim:

Inspiratif…izin reblog ya :-)

Originally posted on Deachu's Life Report:

Image

Akhirnya gue punya waktu untuk meng-update blog karena biasanya jam-jam luang gue di Tokyo hanya dihabiskan untuk tidur dan nonton youtube. Kalau waktu aktif ya biasanya ngelab atau kerja sambilan (nggak lupa waktu beribadah).

Foto di atas adalah foto gaji kerja sambilan gue.

Gue bekerja di sebuah restoran Indonesia di Shibuya dan jangan tanya, kerjaannya itu berat terutama buat orang Indonesia macam gue yang dari kecil kerja cuma ongkang-ongkang kaki alias ga pernah cari uang sendiri dan benar-benar banting tulang layaknya kuli. (kalau kerja nerjemahin buku dll pernah sih)

Setiap bulan, gue mengabadikan hasil jerih payah gue banting tulang yaitu foto gaji (LOL) bukan untuk pamer tapi untuk mengingatkan diri gue bahwa “nyari duit itu susah” ditambah gue hidup sendiri di Tokyo yang lebih kejam dari ibukotanya Indonesia itu.

Ya memang, gue belum dapet beasiswa sejak masuk s2 di Tokyo Tech. Karena di sini hanya anak ajaib yang dapet beasiswa…

View original 764 more words

Jossnya Ayam Jago yang Ini

Apa ini ayam jagonya bro?

honda-cs1-modifikasi

Courtesy : cxrider.com

Ngga bro :-) sotosop ini mah :-)

Trus apa ini?

Satria+FU+Airbrush+Grafis1389443660

coutesy : Yudhadepp

Ngga juga bro :-D, ngga brani komen ih..ntar  dibully Ban Cacing Fans Boy :mrgreen:

Heeiii..seriuss amatt

ini lho maksud SV Blog :-)

ayam

Loh..koq ayam beneran bro? :-)

Tau ngga jossnya ayam jago ini, kalau ayam bisa melihat malaikat bro :-) buktinya ada di Hadis shohih Rosulullah lho :-)

 إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيْكَةِ فَاسْأَلُوا اللهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلَكًا، وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيْقَ الْحِمَارِ فَتَعَوَّذُوْا بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا.

228. Apabila kamu mendengar ayam jago berkokok, mintalah anugerah kepada Allah, sesungguhnya ia melihat malaikat. Tapi apabila engkau mendengar keledai meringkik, mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguan setan, sesungguhnya ia melihat setan. 

HR. Al-Bukhari dengan Fathul Bari 6/350, Muslim 4/2092.

 sumber : IlmuIslam

Nah bro, Gimana? That is why subuh-subuh banyak ayam berkokok, karena banyak malaikat disekelilingnya..maka banyak-banyaklah bertasbih memuja kesucian Allah bro :-), dan jangan mengumpat kalau ada yam berkokok ya :-)

Wallahu a’lam bishawab

AMALAN JUMAT

1044392_542596095799899_192940768_n

Assalamualaikum wr Wb..

Pagi semua, gimana kabar Bro dan Sis semua, semoga selalu lebih baik dan meraih Barokah Allah SWT ya..aamiin..

Hari ini, Jumat adalah hari rayanya orang Islam di setiap Minggu, pada hari ini juga doa lebih mustajab dibanding hari yang lain, dan kemudian Laki-laki diwajibkan sholat Jumat berjamaah di masjid, nah ingin jumat ini menjadi istimewa masbro? berikut SV Blog copas dari fesbuk Tetangga :

=====================================================================

AMALAN JUMAT

Disebut Jum’at karena hari tersebut adalah hari berkumpulnya kaum Muslimin. Hari Jum’at termasuk hari ‘Id kaum Muslimin setiap pekannya. Berikut hadits-hadits yang menerangkan keutamaan hari Jum’at:

“Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jum’at; pada hari ini Adam diciptakan, pada hari ini (Adam Alaihissalam) dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari ini pula ia dikeluarkan dari surga. Dan tidaklah kiamat akan terjadi kecuali pada hari ini.
[HR Muslim, no. 854]

“Sesungguhnya seutama-utama hari kalian adalah hari Jum’at ; pada hari ini Adam Alaihissalam diciptakan, pada hari ini pula ia dimatikan, pada hari ini ditiupkan sangkakala (tanda kiamat), dan pada hari ini pula hari kebangkitan”
[HR Abu Dawud, no. 1047; An Nasa’I, no. 1374 dan Ibnu Majah, no. 1085]

Di antara amalan di hari Jum’at adalah sebagai berikut:

1. Terlarang mengkhususkan malam Jum’at dengan shalat dan siang harinya dengan berpuasa.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Janganlah mengkhususkan malam Jum’at dengan shalat tertentu dan janganlah mengkhususkan hari Jum’at dengan berpuasa kecuali jika bertepatan dengan puasa yang mesti dikerjakan ketika itu.” (HR. Muslim)

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Dalam hadits ini menunjukkan dalil yang tegas dari pendapat mayoritas ulama Syafi’iyah dan yang sependapat dengan mereka mengenai dimakruhkannya mengerjakan puasa secara bersendirian pada hari Jum’at. Hal ini dikecualikan jika puasa tersebut adalah puasa yang bertepatan dengan kebiasaannya, atau ia berpuasa pada hari sebelum atau sesudahnya, atau bertepatan dengan puasa nadzarnya seperti ia bernadzar meminta kesembuhan dari penyakitnya.” (Syarh Shahih Muslim, 8/19)

2. Ketika shalat Shubuh di hari Jum’at dianjurkan membaca Surat As Sajdah dan Surat Al Insan.

Catatan: Maksud membaca surat As Sajdah adalah membaca suratnya bukan memaksudkan untuk mengkhususkan ketika itu dengan surat yang ada ayat sajdahnya sebagaimana hal ini disalahpahami oleh sebagian orang. Sehingga tidak perlu mencari surat-surat lain yang terdapat ayat sajdah dan dibaca ketika Shalat Shubuh pada hari Jum’at.

Dari Abu Hurairah, beliau berkata, “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam biasa membaca pada shalat Shubuh di hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surat As Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkura” (surat Al Insan) pada raka’at kedua.” (HR. Muslim)

3. Memperbanyak shalawat kepada Nabi di hari Jum’at.

Dari Abu Umamah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro, hasan lighoirihi).

Di antara bentuk shalawat yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ialah :
“Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaKa Hamidum Majid. Allahumma barik (dalam satu riwayat, wa barik, tanpa Allahumma) ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaKa Hamiidum Majid”

Ya, Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya, Allah. Berilah berkah (tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.
[HR Bukhari, Muslim, dan lainnya. Lihat Shifat Shalat Nabi, hlm. 165-166, karya Al Albani, Maktabah Al Ma’arif].

4. Dianjurkan membaca Surat Al Kahfi (surat ke 18) di malam Jumat atau Jum’at siang.

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at” (HR. Hakim, shahih).

Dalam lafazh lainnya disebutkan, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Ka’bah).” (HR. Ad Darimi, shahih mauquf)

5. Memperbanyak do’a di hari Jum’at.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan tentang hari Jum’at, lantas beliau bersabda, “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada hadits yang menyebutkan tentang kapan waktu mustajab di hari Jum’at yang dimaksud. Hadits tersebut adalah dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda, “Waktu siang di hari Jum’at ada 12 (jam). Jika seorang Muslim memohon pada Allah ‘Azza wa Jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jum’at) pasti Allah ‘Azza wa Jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah ‘Ashar.” (HR. Abu Daud).

6. Mandi Jum’at

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa (yang menggauli istrinya) sehingga mewajibkan mandi pada hari Jum’at kemudian diapun mandi, lalu bangun pagi dan berangkat (ke masjid) pagi-pagi, dia berjalan dan tidak berkendara, kemudian duduk dekat imam dan mendengarkan khutbah dengan seksama tanpa sendau gurau, niscaya ia mendapat pahala amal dari setiap langkahnya selama setahun, balasan puasa dan shalat malam harinya.” (HR. Tirmidzi no. 496, An Nasai 3/95-96, Ibnu Majah no. 1078, dan Ahmad 4/9)

Mandi Jum’at ini menurut jumhur (mayoritas) ulama, hukumnya adalah sunnah (bukan wajib). Di antara alasannya adalah dalil, “Barangsiapa berwudhu di hari Jum’at, maka itu baik. Namun barangsiapa mandi ketika itu, maka itu lebih afdhal.” (HR. An Nasai, At Tirmidzi dan Ibnu Majah, shahih).

Al Bahuti Al Hambali mengatakan, “Awal mandi Jum’at adalah ketika terbit fajar dan tidak boleh sebelumnya. Namun yang paling afdhol adalah ketika hendak berangkat shalat Jum’at. Inilah yang lebih mendekati maksud.” Imam Nawawi menyebutkan, “Jika seseorang mandi setelah terbit fajar (Shubuh), mandi Jum’atnya sah menurut ulama Syafi’iyah dan mayoritas ulama.”

Di antara keutamaan mandi jum’at disebutkan dalam hadits, “Barang siapa berwudhu’ kemudian menyempurnakan wudhu’nya lalu mendatangi shalat Jum’at, lalu dia mendekat, mendengarkan serta berdiam diri (untuk menyimak khutbah), maka akan diampuni dosa-dosanya di antara hari itu sampai Jum’at (berikutnya) dan ditambah tiga hari setelah itu. Barang siapa yang bermain kerikil, maka ia telah melakukan perbuatan sia-sia.”(HR. Muslim)

7. Menggunakan Pakaian Terbagus dan Minyak Wangi

“Barangsiapa mandi pada hari Jum’at, memakai pakaiannya yang terbagus dan memakai wewangian jika punya, kemudian mendatangi (shalat) Jum’at tanpa melangkahi orang-orang (yang sedang duduk), kemudian shalat (sunnah mutlak) sekuat kemampuan (yang Allah berikan padanya), kemudian diam seksama apabila imamnya datang (untuk berkhuthbah) sampai selesai shalatnya, maka itu menjadi penghapus dosa-dosa antara hari Jum’at tersebut dengan Jum’at yang sebelumnya.””
(HR. Bukhari dan Muslim)

8. Bersiwak
Al-Imam Al-Bukhari dalam Shahihnya membuat Bab khusus tentang ditekankannya bersiwak pada hari Jum’at yaitu dalam dalam Kitabul Jumu’ati Bab Ath-Thibbi Lil Jumu’ati, no. 880 dan Bab As-Siwaki Yaumul Jumu’ati, no.hadits 887, 888, dan 889.

9. Bersegera Untuk Berangkat ke Masjid

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menyamakan orang yang berpagi-pagi menuju Jum’atan dengan orang yang berkurban/bersedekah dengan hartanya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya),“Barangsiapa mandi hari Jum’at seperti mandi junub lalu pergi (Jum’atan), seolah-olah ia bersedekah dengan unta. Barangsiapa pergi pada waktu yang kedua, seolah-olah ia bersedekah dengan sapi. Barangsiapa pergi pada waktu ketiga, seolah-olah ia bersedekah dengan kambing yang bertanduk. Barangsiapa pergi pada waktu keempat, seolah-olah ia bersedekah dengan ayam. Barang siapa pergi pada waktu kelima, seolah-olah ia bersedekah dengan telur. Apabila imam telah keluar (menuju masjid), para malaikat itu datang (dan) mendengarkan zikir (khutbah).” (Shahih al-Bukhari no. 881)

10. Sholat Sunnah Ketika Menunggu Imam atau Khatib

Abu Huroiroh radhiallahu ‘anhu menuturkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa mandi kemudian datang untuk sholat Jumat, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian sholat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai jum’at ini sampai jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)

11. Tidak Duduk dengan Memeluk Lutut Ketika Khatib Berkhotbah
“Sahl bin Mu’ad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah melarang Al Habwah (duduk sambil memegang lutut) pada saat sholat Jumat ketika imam sedang berkhotbah.” (Hasan. HR. Abu Dawud, Tirmidzi)

12. Sholat Sunnah Setelah Sholat Jumat
Rasulullah bersabda yang artinya, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat, maka sholatlah empat rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka sholatlah dua rakaat di masjid dan dua rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)

Semoga kita semua selalu dimudahkan untuk mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam

Ref:
http://www.fimadani.com/amalan-amalan-sunnah-pada-hari-jumat/
http://rumaysho.com/belajar-islam/amalan/2963-amalan-istimewa-di-hari-jumat.html
http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/adab-pada-hari-jumat-sesuai-sunnah-nabi.html
http://abuzuhriy.com/keutamaan-dan-adab-hari-jumat-sesuai-sunnah-nabi/